Longsor Yang Terjadi Di Tambang Bukit Batu Gunung Kidul




Pencarian korban telah dilakukan oleh tim gabungan dan membuahkan hasil, dengan di temukannya satu korban terakhir akibat longsor di Bukit batu putih di Dusun Jentir, Desa Sambirejo kecamatan Semin, Gunungkidul. Korban yang bernama Tugiyem (75), Istri dari Manto Miharjo (80) yang telah di temukan lebih awal dengan kondisi meninggal.

Ketua Tim Evakuasi Letkol Infanteri Muh. Taufik Hanif Y menyebutkan korban berhasil dievakuasi pada pukul 09.29 WIB. Jenazah ditemukan setelah tim berhasil memecahkan batu berukuran besar.


"Kita sudah melakukan proses identifikasi dan kemudian jenazah akan dibersihkan, lalu akan dilakukan pemakaman pada hari ini juga," tutur Taufik, Minggu (5/3/2017).

Taufik menuturkan proses evakuasi hanya memakai alat dari Basarnas dan operator alat berat. Karena, getaran alat berat ditakutkan akan dapat memicu kembali longsor susulan akibat getaran.

"Keberhasilan proses evakuasi tidak lepas karena kerja sama semua pihak. Kita semua berterimah kasih kepada semua elemen yang turut membantu dalam proses evakuasi ini," imbuh dia.

Kapolsek Ngawen AKP Agus Sunarno menuturkan setelah ditemukan, korban lansung dikubur oleh pihak keluarga. Sekarang ini, garis polisi masi terpampang di lokasi agar mengantisipasi longsor susulan. Ia memohon warga tidak mendekati lokasi longsor debab potensi longsor susulan bisa saja terjadi lagi.

"Kita takut kerena masih ada potensi untuk terjadinya longsor susulan. Kami sudah menginformasikan warga untuk tidak mendekat," tutur Agus.  

Sebelum kejadian ini, longsor juga terjadi di Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul. Longsor menimpah rumah beserta dua penghuninya pada jumat, 3 Maret 2017. Bukit yang disebut Gunung Buthak itu berada di lokasi yang berbatasa dengan kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

pada saat tim mencari dua korban, tiga penghuni rumah lainnya diungsikan sementara ke tempat saudaranya. Dukuh Jetir Sribakti Surana menuturkan, ada tiga penghuni rumah yang menempati tanah yang labil di lokasi longsor. 

Sribakti menuturkan kalau lahan longsor itu adalah lahan pribadi, berarti penambangan itu di angap berizin.


Longsor Yang Terjadi Di Tambang Bukit Batu Gunung Kidul Longsor Yang Terjadi Di Tambang Bukit Batu Gunung Kidul Reviewed by Unknown on 1:41 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.